Restu Ramadhan Blog :
Home » , » ORGANISASI

ORGANISASI

Written By Unknown on Jumat, 26 Oktober 2012 | 11.08


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Organisasi adalah sarana dalam pencapaian tujuan, yang merupakan  wadah kegiatan dari orang-orang yang bekerja sama dalam usahanya mencapai  tujuan.  Organisasi atau perusahaan harus mampu mengelolah manajemennya  untuk memenangkan persaingan pada era yang serba kompetitif supaya dapat bertahan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan.   
Setiap perusahaan, baik yang bergerak dibidang produksi, jasa maupun  industri, pada umumnya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan.  Supaya  dapat mencapai tujuan itu, perusahaan memerlukan sistem manajemen efektif  yang akan menunjang jalannya operasi perusahaan secara terus-menerus dan  tingkat efektivitas kerja karyawan juga perlu diperhatikan.
Perusahaan memiliki beberapa bagian pada umumnya, yakni bagian  pemasaran, bagian keuangan, bagian produksi, bagian sumber daya manusia, dan  bagian administrasi.  Masing-masing bagian tersebut melaksanakan kegiatan yang  berbeda tetapi saling berhubungan satu sama lain.  Tingkat kegiatan yang  dilaksanakan perusahaan akan mengalami perubahan dari suatu periode ke periode  berikutnya.  Adanya perubahan tersebut mengharuskan manajemen mengadakan  koordinasi dalam suatu perusahaan dan menciptakan wadah yang merupakan alat  komunikasi antar bagian yaitu struktur organisasi.
           Koordinasi diperlukan untuk memperoleh kesatuan tindak dalam  mencapai tujuan perusahaan.  Tanpa adanya koordinasi, orang-orang atau fungsi  yang ada akan lebih mengejar kepentingannya sendiri sehingga mengorbankan  tujuan perusahaan.  Koordinasi antar bagian sesuai dengan kegiatan perusahaan  akan menjadi salah satu faktor pendukung terhadap kelancaran dan keberhasilan  pelaksanaan kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.


1.2 Batasan Masalah
             Dalam penyusunan makalah ini akan dibahas tentang :
1.      Arti pentingnya organisasi
2.      Metode organisasi
3.      Unsur-unsur organisasi.
4.      Teori organisasi
5.      Macam-macam organisasi
6.      Tujuan organisasi
1.3  Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini yang berjudul “ Artipenting organisasi “ selain ditujukan sebagai tugas Mata Kuliah : Teori Organisasi Umum 1 juga sebagai media agar pembaca dapat mengerti tentang pengertian organisasi, metode organisasi, ciri-ciri organisasi, unsur-unsur organisasi, teori organisasi, macam-macam organisasi dan tujuan organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Organisasi
Organisasi  adalah sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama  dan telah ditetapkan. Dalam sebuah organisasi menampung aspirasi ,cita cita ,harapan dari setiap individu. Sebenarnya bagi orang dewasa sudah tidak awam dengan yang namanya organisasi ,dari organisasi kecil seperti dilingkungan keluarga  hingga organisasi yang besar disuatu negara.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
1.      Menurut Stoner.
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
2.      Menurut James D.Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
3.       Menurut Chester I.Bernard
berpendapat bahwa organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4.       Menurut Stephen P. Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Dari sekian banyak definisi “organisasi”. Organisasi juga bisa dikatakan sekumpulan, individu, kelompok yang mempunyai tujuan, visi & misi tertentu untuk menampung / menyalurkan pikiran atau pendapat yang tidak sama (dengan kata lain berbeda).
 
2.2  Metode Organisasi
      Metode adalah suatu cara atau tata kerja dari setiap anggota organisasi yang memajukan pekerjaan mereka, agar dapat pencapaian yang efesien dan maksimal pada organisasi. Selain peran dari organisasi, peran metode juga tidak kalah pentingnya di berbagai organisasi . Dengan adanya metode dalam sebuah organisasi, maka akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa faktor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan dalam sebuah organisasi, antara lain:
1.      Organisasi yang baik dan pemimpin organisasi yang baik pula dalam memimpin.
2.      Sumber daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu tujuan.
  1. Teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi yang dibentuk di dalam suatu organisasi tersebut.
 Dengan metode tersebut organisasi akan lebih mudah dalam mencapai tujuanya serta akan lebih terstruktur dan rapih karena memiliki metode dalam organisasi nya.
2.3  Ciri-ciri Organisasi
 Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.
A ciri-ciri organisasi, yaitu :
1.    Adanya komponen ( atasan dan bawahan) .
2.    Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
3.    Adanya tujuan .
4.    Adanya sasaran .
5.    Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati .
6.    Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
      B. Ciri-ciri Organisasi Modern
1. Organisasi bertambah besar
2. Pengolahan data semakin cepat
3. Penggunaan staf lebih intensif
4. Kecendrungan spesialisasi
5. Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
6. Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
2.4  Unsur-unsur Organisasi
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
1.      Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi
2.       Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
3.        Tujuan Bersama
 Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).
4.       Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5.        Lingkungan (Environment)
 Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,
2.5  Teori Organisasi
Klasifikasi Teori Organisasi terdiri dari bagian besar, yaitu : 
  1. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oleh para teoritis klasik sebagai desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
Teori Klasik berkembang dalam 3 Aliran 
1.      BIROKRASI Dikembangkan dari Ilmu Sosiologi
2.      ADMINISTRASI Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Makro sebuah organisasi.
3.      MANAJEMEN ILMIAH  Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Mikro sebuah organisasi.
Semua teori diatas dikembangkan sekitar tahun 1900-1950. Pelopor teori ini kebanyakan dari sebuah negara berbentuk kerajaan “Mesir, Cina & Romawi”.
  1. Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)‏
Teori neoklasik secara sederhana sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Anggapan teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendifinisikan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.
  1.  Teori  organisasi Modern
  Teori modern disebut juga sebagi analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen. Teori modern melihat pada semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan, yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka.
 
2.6  Macam-macam Organisasi dari segi tujuan
1.    Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya yaitu
1.    Perseroan Terbatas (PT)
2.   Perseroan Komanditer (CV)
3.   Firma (FA)
4.   Koperasi
5.   Join venture
6.   Trus
7.   Kontel 
8.   Holding Company
2.        Organisasi sosiaal
Organisasi Sosial Adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
1.    Jalur Keagamaan
2.    Jalur Profesi
3.   Jalur Kepemudaan
4.   Jalur Kemahasiswaan
5.    Jalur Kepartaian & Kekaryaan
3.      Organisasi Regional dan internasional
1.    Organisasi Regional
Oragnisasi yang luas wilayahnya meliputi  beberapa negara tertentu saja.
               2. Organisasi Internasional
                    Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara didunia.
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpula
  1. Organisasi  adalah sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai   tujuan bersama  dan telah ditetapkan
  2. Metode adalah suatu cara atau tata kerja dari setiap anggota organisasi yang memajukan pekerjaan mereka, agar dapat pencapaian yang efesien dan maksimal pada organisasi
  3. Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. dengan ciri-ciri organisasi secara umum dan modren.
  4.  Secara garis besar organisasi mempunyai 5 unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama, peralatan dan lingkungan . Kelima unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan
  5.  Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, tiada satupun yang memiliki kebenaran mutlak. Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dan saling melengkapi
  6. Macam-macam organisasi dari segi tujuan yang hendak dicapai dibedakan menjadi organisasi niaga / ekonomi dan organisasi sosial / organisasi kemasyarakatan. Sedangkan organisasi regional & internasional adalah macam organisasi menurut luas wilayah.
DAFTRA PUSTAKA
 http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
 http://id.shvoong.com/social-sciences/education/1931283-ciri-ciri-organisasi/
  http://www.scribd.com/doc/51151533/TEORI-ORGANISASI-DAN-MACAM-MACAM-  ORGANISASI
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Viva.co.id

Viva.co.id

Viva.co.id

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Restu Ramadhan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template