BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Organisasi
adalah sarana dalam pencapaian tujuan, yang merupakan wadah kegiatan dari
orang-orang yang bekerja sama dalam usahanya mencapai tujuan.
Organisasi atau perusahaan harus mampu mengelolah manajemennya untuk
memenangkan persaingan pada era yang serba kompetitif supaya dapat bertahan
untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Setiap
perusahaan, baik yang bergerak dibidang produksi, jasa maupun industri,
pada umumnya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. Supaya
dapat mencapai tujuan itu, perusahaan memerlukan sistem manajemen efektif
yang akan menunjang jalannya operasi perusahaan secara terus-menerus dan
tingkat efektivitas kerja karyawan juga perlu diperhatikan.
Perusahaan
memiliki beberapa bagian pada umumnya, yakni bagian pemasaran, bagian
keuangan, bagian produksi, bagian sumber daya manusia, dan bagian
administrasi. Masing-masing bagian tersebut melaksanakan kegiatan yang
berbeda tetapi saling berhubungan satu sama lain. Tingkat kegiatan
yang dilaksanakan perusahaan akan mengalami perubahan dari suatu periode
ke periode berikutnya. Adanya perubahan tersebut mengharuskan
manajemen mengadakan koordinasi dalam suatu perusahaan dan menciptakan
wadah yang merupakan alat komunikasi antar bagian yaitu struktur
organisasi.
Koordinasi diperlukan untuk memperoleh kesatuan
tindak dalam mencapai tujuan perusahaan. Tanpa adanya koordinasi,
orang-orang atau fungsi yang ada akan lebih mengejar kepentingannya
sendiri sehingga mengorbankan tujuan perusahaan. Koordinasi antar
bagian sesuai dengan kegiatan perusahaan akan menjadi salah satu faktor
pendukung terhadap kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan
perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
1.2 Batasan
Masalah
Dalam penyusunan makalah ini akan dibahas tentang :
1.
Arti pentingnya organisasi
2.
Metode organisasi
3.
Unsur-unsur organisasi.
4.
Teori organisasi
5.
Macam-macam organisasi
6.
Tujuan organisasi
1.3 Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini yang berjudul
“ Artipenting organisasi
“ selain ditujukan sebagai tugas Mata Kuliah : Teori Organisasi Umum 1 juga
sebagai media agar pembaca dapat mengerti tentang pengertian organisasi,
metode organisasi, ciri-ciri organisasi, unsur-unsur organisasi, teori
organisasi, macam-macam organisasi dan tujuan organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Organisasi
Organisasi adalah sekelompok individu yang berkumpul
dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama
dan telah ditetapkan. Dalam sebuah organisasi menampung aspirasi ,cita
cita ,harapan dari setiap individu. Sebenarnya bagi orang dewasa sudah tidak
awam dengan yang namanya organisasi ,dari organisasi kecil seperti dilingkungan
keluarga hingga organisasi yang besar
disuatu negara.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian
organisasi sebagai berikut.
1. Menurut Stoner.
mengatakan bahwa organisasi adalah
suatu pola hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan
mengejar tujuan bersama .
2. Menurut James D.Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
3. Menurut Chester
I.Bernard
berpendapat bahwa organisasi merupakan
suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Menurut Stephen P.
Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah
kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan
sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang
relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok
tujuan.
Dari sekian banyak definisi “organisasi”.
Organisasi juga bisa dikatakan sekumpulan, individu, kelompok yang mempunyai
tujuan, visi & misi tertentu untuk menampung / menyalurkan pikiran atau
pendapat yang tidak sama (dengan kata lain berbeda).
2.2 Metode
Organisasi
Metode adalah suatu cara atau tata kerja
dari setiap anggota organisasi yang memajukan pekerjaan mereka, agar dapat
pencapaian yang efesien dan maksimal pada organisasi. Selain peran dari organisasi,
peran metode juga tidak kalah pentingnya di berbagai organisasi . Dengan adanya metode dalam sebuah organisasi, maka akan lebih
mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan.
Terdapat beberapa faktor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang
digunakan dalam sebuah organisasi, antara lain:
1. Organisasi yang baik dan pemimpin
organisasi yang baik pula dalam memimpin.
2. Sumber daya manusia yang berkualitas
untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu tujuan.
- Teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi yang dibentuk di dalam suatu organisasi tersebut.
Dengan metode tersebut organisasi akan lebih mudah dalam
mencapai tujuanya serta akan lebih terstruktur dan rapih karena memiliki metode
dalam organisasi nya.
2.3 Ciri-ciri
Organisasi
Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting
dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai
dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti
organisasi pemerintahan.
A ciri-ciri
organisasi, yaitu :
1. Adanya
komponen ( atasan dan bawahan) .
2. Adanya
kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
3. Adanya
tujuan .
4. Adanya
sasaran .
5. Adanya keterikatan
format dan tata tertib yang harus ditaati .
6. Adanya
pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
B. Ciri-ciri Organisasi Modern
1. Organisasi bertambah besar
2. Pengolahan data semakin
cepat
3. Penggunaan staf lebih
intensif
4. Kecendrungan spesialisasi
5. Adanya prinsip-prinsip atau
azas-azas organisasi
6. Unsur-unsur organisasi
lebih lengkap
2.4 Unsur-unsur
Organisasi
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai
unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
1.
Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi
atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel.
Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang
menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator)
sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin
suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja
(nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi
(man power) organisasi
2.
Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan
bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk
mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang
menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan
pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power)
organisasi.
3.
Tujuan Bersama
Tujuan merupakan
arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan
dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang
harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai
melalui prosedur, program, pola (network).
4.
Peralatan
(Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau
equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan
barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5.
Lingkungan (Environment)
Faktor
lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi.
kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan
(regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,
2.5 Teori
Organisasi
Klasifikasi Teori Organisasi terdiri dari
bagian besar, yaitu :
- Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oleh para teoritis klasik sebagai desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
Teori Klasik berkembang dalam 3 Aliran
1.
BIROKRASI Dikembangkan dari Ilmu Sosiologi
2.
ADMINISTRASI Langsung dari praktek manajemen
memusatkan Aspek Makro sebuah organisasi.
3.
MANAJEMEN ILMIAH
Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Mikro sebuah
organisasi.
Semua teori diatas
dikembangkan sekitar tahun 1900-1950. Pelopor teori ini kebanyakan dari sebuah
negara berbentuk kerajaan “Mesir, Cina & Romawi”.
- Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)
Teori neoklasik secara
sederhana sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation
movement). Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Anggapan teori
ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai
individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya atas dasar anggapan ini maka
teori neoklasik mendifinisikan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang
dengan tujuan bersama.
- Teori organisasi Modern
Teori modern disebut juga
sebagi analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori
organisasi dan manajemen. Teori modern melihat pada semua unsur organisasi
sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan, yang didalamnya mengemukakan
bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan
lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka.
2.6 Macam-macam
Organisasi dari segi tujuan
1.
Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah Organisasi yang tujuan utamanya mencari
keuntungan.
Macam-macamnya yaitu
1.
Perseroan Terbatas (PT)
2.
Perseroan
Komanditer (CV)
3.
Firma
(FA)
4.
Koperasi
5.
Join venture
6.
Trus
7.
Kontel
8.
Holding
Company
2.
Organisasi
sosiaal
Organisasi Sosial Adalah organisasi yang dibentuk oleh
anggota masyarakat
Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
1.
Jalur Keagamaan
2.
Jalur Profesi
3.
Jalur
Kepemudaan
4.
Jalur
Kemahasiswaan
5.
Jalur Kepartaian &
Kekaryaan
3.
Organisasi
Regional dan internasional
1.
Organisasi Regional
Oragnisasi yang luas wilayahnya
meliputi beberapa negara tertentu saja.
2. Organisasi
Internasional
Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara didunia.
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpula
- Organisasi adalah sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama dan telah ditetapkan
- Metode adalah suatu cara atau tata kerja dari setiap anggota organisasi yang memajukan pekerjaan mereka, agar dapat pencapaian yang efesien dan maksimal pada organisasi
- Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. dengan ciri-ciri organisasi secara umum dan modren.
- Secara garis besar organisasi mempunyai 5 unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama, peralatan dan lingkungan . Kelima unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan
- Dari berbagai macam teori organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, tiada satupun yang memiliki kebenaran mutlak. Antara berbagai macam teori organisasi tersebut saling isi dan saling melengkapi
- Macam-macam organisasi dari segi tujuan yang hendak dicapai dibedakan menjadi organisasi niaga / ekonomi dan organisasi sosial / organisasi kemasyarakatan. Sedangkan organisasi regional & internasional adalah macam organisasi menurut luas wilayah.
DAFTRA
PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/1931283-ciri-ciri-organisasi/
http://www.scribd.com/doc/51151533/TEORI-ORGANISASI-DAN-MACAM-MACAM-
ORGANISASI
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !